7/02/2017

Info kerja ke New Zealand




GAMBARAN UMUM

New Zealand adalah negara kepulauan yang terletak di samudera Pasifik belahan selatan,tepatnya berbatasan sebelah timur laut benua Australia. Perbedaan waktu antara New Zealand dan Indonesia adalah 5 (lima) jam mendahului. New Zealand memiliki 2 pulau besar dan puluhan pulau kecil lainya.
 Negara ini memiliki 4 (empat) iklim (subtropis) dan alam yang sangat indah. Sebelah utara yangbiasa disebut Pulau Utara (North Island), temperature berkisar 20 – 30 derajat Celcius di musim panas dan 5 – 15 derajat Celsius di musim dingin.
Daerah paling selatan dari pulau utara, antara lain Wellington, temperature kadang menyentuh O derajat Celcius di puncak musim dingin.Pulau selatan ( South Island) memiliki temperature yang relative lebih rendah pada saat musim dingin.Puncak musim dingin pada bulan Juli setiap tahunnya
Wellington sebagai ibukota negara terletak di ujung selatan dari pulau utara. Kota terbesar adalah Auckland yang terletak di pertengahan pulau utara, diikuti Wellington, dan Chrischurch di pulau selatan.
Mayoritas pendududk berkulit putih yang datang dari benua eropa sebanyak 69,8% di ikuti ras maori 7,9% asia 5,7%.
Bahasa resmi negara adalah Inggris British, di samping bahasa maori sebagai bahasa kedua



SISTEM KEIMIGRASIAN
Untuk memasuki New Zealand, Warga Negara Indonesia wajib memiliki VISA. ada berbagai jenis Visa, tergantung pada kegunaan dan fungsinya. kami ambil contoh visa yang popular dan sering digunakan bagi orang indonesia :

1. Visitor Visa 
Masa berlaku maksimal 9 bulan. Visa / Permit jenis ini digunakan untuk mengunjungi New Zealand, atau lazimnya biasa disebut visa kunjungan singkat. Lama proses aplikasi untuk memperoleh Visitor Visa di bagian Visa Visa section Kedutaan Besar New Zealand memakan waktu 7-14 hari kerja.
( noted :visa jenis ini tidak diperbolehkan digunakan untuk bekerja )

 

2. Work Visa / Work Permit ( ISSL)

ISSL adalah Immediate Skill Shortage List atau sebuah list / daftar yang di keluarkan pemerintah NZ mengenai formasi kebutuhan tenaga skill yang ada di NZ selama 1 tahun . ISSL lebih terfokus mengenai Tenaga Skill yang terformasi di dalam daftar perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja Terampil ( skill )
Persyaratan ISSL sangat berat di mana salah satunya adalah Qualifikasi pendidikan yang harus setara dengan Universitas yang ada di NZ. Sebagai contoh di NZ Universitas yang sudah sangat terkenal adalah Universitas Indonesia , Universitas Airlangga dan Institute Teknologi Bandung. Jika lulusan dari PT tersebut tidak di perlukan ujian persamaan yang di tunjuk Pemerintah NZ.
Persyaratan yang kedua yang harus terpenuhi adalah tenaga yang dibutuhkan tidak terdapat orang atau warga Negara NZ yang bisa melakukannya sehingga dibutuhkan tenaga terampil dari Luar negeri.
Ada nilai plus jika kita menggunakan jalur ISSL ini karena Visa yang kita dapatkan akan sangat mudah di dapatkan karena sesuai dengan peraturan yang berlaku di Pemerintahan NZ maka tenaga terampil / ISSL akan mendapatkan kemudahan mendapatkan visa kerja /work permit.

jadi jenis visa ini adalah untuk Setiap bidang pekerjaan di New Zealand yang menuntut pengalaman dan masa berlaku max.1 tahun dapat di perpanjang setiap tahun.untuk Lama proses pengajuan work visa berkisar 1 bulanan di visa section Kedutaan Besar New Zealand di jakarta (VFS)


3. RSE (pekerja musiman) 

RSE kepanjangan dari Recognised Sesasonal Employer yaitu Perusahaan yang mendapatkan ijin untuk memperkerjakan tenaga kerja asing musiman / Seasonal berdasarkan musimnya ( misalkan Apel, anggur, kiwi dll ) yang telah disetujui oleh Pemerintah New Zealand untuk merekrut nya.
RSE ini biasanya untuk beberapa sektor seperti perkebunan dan sektor-sektor lain yang lebih menitik beratkan ke tenaga daripada skill/pengalaman . Biasanya lama RSE ini Adalah 6 bulan kontrak , 

Tenaga kerja dari Indonesia lebih di senangi untuk Bekerja disektor Unskill , karena keuletannya dan ketekunan yang di tunjukkan selama ini. 
Visa jenis ini khusus digunakan buat pekerja yang sudah disponsori oleh company di new zealand melalui ATR Dan Employment Letter yang ditujukan pada aplicant yang sudah memenuhi syarat



BIDANG PEKERJAAN
Tenaga kerja akan diarahkan pada bidang pekerjaan yang saat ini sedang dibutuhkan, apabila ada beberapa bidang yang membutuhkan, tenaga kerja dapat memilih bidang kerja yang diminati, dan untuk kali ini kami akan lebih membahas tentang bekerja sebagai Seasonal worker (RSE) mengingat banyaknya peminat dan syarat yang tidak terlalu rumit seperti visa lainnya.

SISTEM KERJA DAN PENGHASILAN
Sistem Kerja yang ditawarkan adalah Sistem Kontrak Kerja dengan jangka waktu 6-7 bulan dan dapat diperpanjang. Untuk Sektor Perkebunan Upah 14,75 NZD per jam , dengan 8 jam kerja perhari 6 hari dalam seminggu dan Minggu bila bekerja akan diperhitungkan sebagai lembur.
Penghasilan untuk bekerja di New Zealand antara 2,500 – 3,000 NZD perbulan( tergantung dari jumlah jam kerja yang diambil )

GAJI, REKENING BANK & NO. IRD
Untuk bisa mendapatkan gaji, anda harus membuka rekening di New Zealand karena gaji anda akan dikreditkan ke dalam rekening anda setiap minggu. Minggu ini anda bekerja, minggu depan gaji anda akan dimasukkan ke rekening dan proses ini sama setiap minggu. Ini berarti anda akan selalu punya uang (berbanding di Asia, anda dibayar gaji bulanan).

BEKERJA
Bekerja di/kebun memerlukan berdiri/berjalan kadang sampai 8 jam. Anda haruslah seorang yang sehat untuk bisa bekerja di kebun. Pekerjaannya adalah seperti memetik buah-buahan, memotong dahan, memasang klip, mengurangi dedaunan dari pohon, dan banyak lagi.

Gaji dibayar sama,. ada secara kontrak atau per jam. Per jam biasanya sekitar NZ$18 + bayaran waktu libur (holiday pay). Bayaran secara kontrak tergantung pekerjaan yang anda lakukan, seperti memetik buah cherry yang dibayar mengikut berapa banyak bakul yang bias anda petik. Misalnya satu bakul penuh dibayar NZ$20, maka jika anda berhasil mendapatkan 10 bakul dalam sehari, berarti gaji anda pada hari itu ialah NZ$200.

Jika anda dibayar secara kontrak, maka tidak ada yang akan menyetir pekerjaan anda. Anda bebas menentukan jam berapa anda mau mulai bekerja dan jam berapa anda mau berhenti.

Untuk info tambahan, bekerja sebagai Picker (pekerjaan outdoor) terkadang anda perlu membawa tangga untuk sarana memetik.. 1 Bin/bakul buah sekitar 10kg dan setiap satu Bin/bakul anda dibayar sekitar NZ$20. Jika anda berhasil memetik sampai 10 Bin/bakul misalnya, maka anda sudah mendapatkan NZ$200 per hari. 

Muslimaturofik

disini kami mencoba untuk berbagi kepada anda bagaimana mendapatkan pekerjaan Seasonal di vineyard / orchard New Zealand. Kami mendapatkan informasi dari beberapa kontraktor dan pemilik vineyard / orchard yang sering kali membutuhkan tenaga kerja.
pada awalnya pekerja kebun di new zealand dikhususkan untuk pekerja dari negara2 Pasifik seperti Vanuatu, samoa, kepulauan fiji dll apalagi karena penduduk tempatan (Kiwi) tidak punya inovasi untuk bekerja di vineyard/orchard. Maka mereka tidak punya pilihan selain menggunakan tenaga kerja dari luar negera2 tersebut, dan peluamg itu akhirnya terbuka untuk negara2 diluar negara pasific terutama di Asia seperti malaysia, india, Vietnam juga tentunya indonesia. hanya dari segi kuantitas sangatlah kecil karena hanya beberapa perusahaan yang terdaftar dalam RSE Yang bisa melakukan rekrut pekerja musiman terutama untuk pekerja indonesia,.untuk detail info tentang hal tersebut bisa di cek disini :>>> INFO RSE <<<

Jenis pekerjaan Ini hanya berlaku pada musim-musim sibuk seperti musim menuai buah buahan dan juga sewaktu musim pruning Kontraktor dan pemilik vineyard/orchard sangat membutuhkan tenaga kerja pada waktu-waktu Menjelang Musim Semi – Musim Panas sampai musin gugur..


Mekanisme dan prosedur proses bekerja sebagai pekerja musiman (RSE) adalah sebagai berikut :

I. PENDAFTARAN
- Kandidat menyerahkan dokumen melalui email berupa: Copy Scan Data Pribadi (KTP, KK, Akte Lahir ijasah min SMU dan paspor
- Mengisi Blangko Curriculum Vitae /Biodata Sending yg disediakan oleh pihak agency yg akan dikirimkan melalui alamat email pengiriman data aplicant
- Melakukan medical check up di RS yg ditunjuk oleh pihak kedutaan
- Melengkapi SKCK dari Polda sesuai domisili aplicant ( dilakukan saat employment contract sudah turun)

II.SENDING DATA KANDIDAT
Sending data ke agency di new zealand dilakukan melalui email dimaksudkan proses dokumen dan proses kerja ke New Zealand menggunakan Visa Kerja Terbatas/Recognize Seasonal Employer (RSE) harus dilakukan dengan sistem untuk mempercepat memperoleh Employment Contract.
setelah sending data lalu akan ada jawaban dari pihak Employer di New Zealand tentang dokumen aplicant utk kejelasan Employment contract yg akan difasilitasi oleh agency nz dlm pemberitahuannya

Ill. PENGESAHAN EMPLOYMENT CONTRACT
Setelah Kandidat diterima/disetujui oleh pihak employer di New Zealand maka langkah selamjutnya akan segera proses pengiriman Letter of Agreement (Kontrak Kerja) dari employer. Setelah Employment Contract (Kontrak Kerja) dikeluarkan, berikutnya adalah Employment Contract (Kontrak Kerja) akan di kirim dan di daftarkan ke Immigrasi New Zealand ( persetujuan /approval ).
pada fase ini tingkat keberhasilan untuk kerja di New Zealand sudah mencapai 70%, dan tinggal mempercepat dikirimnya Job Offer/Penawaran Kerja dari pihak agency di New zealand yg sdh disahkan juga oleh pihak imigrasi new zealand sebagai salah satu syarat pembuatan visa kerja musiman (RSE) dikedutaan new zealand di jakarta.

IV. PENERBANGAN
Setelah semua persyaratan dokumen selesai dan siap Kandidat di berangkatkan Ke New Zealand sesuai dengan jadwal Penerbangan yang sdh ditentukan...
Prosedur proses ini membutuhkan waktu minimal 3-4 bulanan / sesuai kebutuhan quota yang mana terbagi dalam quota summer dan quota winter.

untuk informasi lebih lanjut, atau bila ada pertanyaan,saran, masukan dan kritik, silahkan hubungi kami melalui nomer layanan informasi :

Phone  : +62-8123067230 
E-mail : info@wayanmanagement.net
.
          
                                                                   


       



44 komentar:

Linda mengatakan...

Apakah ada batasan umur unt bekerja di pekebunan, mengingat isian 55 thn

Linda mengatakan...

Apakah ada batasan umur unt bekerja di pekebunan, mengingat usia 55 thn

Wayan Management mengatakan...

@Linda

sebaiknya coba peluang lain yang lebih cocok dengan kondisi,karena dengan usia 55 akan banyak menemukan kesulitan untuk bekerja keluar negeri secara resmi, perlu diketahui pula untuk pekerja perkebunan employer lebih mengutamakan tenaga yang masih produktif.
terimakasih

Unknown mengatakan...

Berapa batas maksimal usia, kalo 40 apakah

Unknown mengatakan...

Apakah usia 40 masih ada kesempatan.?

Wayan Management mengatakan...

untuk bekerja ke new zealand terutama program RSE usia 40 tahun masih memiliki peluang untuk bergabung di program tersebut.
naamun juga perlu diketahui bahwa saat tulisan ini diposting program tersebut masih belum bisa dijalankan atau ditindaklanjuti. terimkasih

Anonim mengatakan...

Bapak/Ibu, bagaimana cara mendapatkan pekerjaan sebagai pemetik buah di New Zealand? Terima Kasih

Wayan Management mengatakan...

program kerja RSE new zealand sebenarnya diutamakan untuk pekerja dari negara pasifik namun demikian tidak menutup peluang bahwa pekerja dari indonesia juga memiliki peluang walaupun quota tidak sebanyak negara pasifik, dan untuk mendapatkan kesempatan tersebut biasanya dengan bantuan agen di indoneia yang bekerja sama dengan majikan RSE yang secara khusus meminta untuk mendatangkan pekerja dari indoensia, dasar dari setiap proses yang akan dilakukan adalah pastikan agen yang ditunjuk telah memiliki ATR (agreement to recruit) yang nantinya akan digunakan dalam memenuhi salah satu syarat aplikasi visa pekerja musiman di kedutaan nz melalui VFS ataupun online. sekali lagi disampaikan karena banyaknya pertanyaan bahwa program RSE adalah program pekerja musiman yang hanya berlaku setiap enam-tujuh bulan dan bukan 1-2 tahun dan wajib kembali bila sudah habis masa kontraknya.

Dichi mengatakan...

Untuk biaya sampe NZ itu berapa mulai dari apply visa ?
Adakah PT/agen yg bisa memberangkatkan
tolong infonya

Wayan Management mengatakan...

dichi : untuk bekerja ke new zealand kita perlu melihat juga posisi apa yang akan kita apply, untuk pekerja skill sebenarnya kita sendiri bisa melakukannya selagi kita sudah memiliki semua syarat yang diberikan oleh employer kita untuk pengajuan visanya, dan untuk agen yang pernah memberangkatkan setahu kami ada beberapa terutama untuk program pekerja musiman/RSE yang selama ini menjadi program favorit bagi pekerja dari indonesia.
untuk biaya tentunya variatif tergantung dari cost structure yang diterapkan oleh masing masing agency. maaf kami tidak menyebutkan dengan detail nama agency dan biaya karena kami independen.

Unknown mengatakan...

Mohon penjelasan utk
1. Apakah umur 50 thn bisa diterima sbg pemetik buah di NZ, kondisi kesehatan sehat
2. Apakah anak bisa ikut bekerja juga sbg pemetik buah berbarengan dgn ortu
3. Di sana utk makan&penginapan bagaimana
4. Bisakah Wayan management memfasiitasi sampai dpt employer? mulai dari A-Z?
Terima Kasih

Unknown mengatakan...

Mohon penjelasan utk pertanyaan sbb:
1. Bisakah usia 50 thn diterima sbg pemetik buah, kondisi sehat fisik dan psikis
2. Bisakah anak ikut bekerja sbg pemetik buah berbqrengan dgn ortu
3. Bisakah wayan management memfasilitasi proses dr mulai pendaftaran sampai keberangkatan
4. Berapa biaya pengurusannya
5. Bisakah sistem potong gaji utk biaya pengurusan dll

Unknown mengatakan...

Mau tanyak untuk kantor y cabang Di Bali denpasar di mana y....

Teddy mengatakan...

Saya sangat berminat untyk bekerja di luar negri,
Untuk CV nya ssya kirim kemana ya?
Mohon info nya

Wayan Management mengatakan...

kami tidak lagi memiliki kantor di denpasar-bail dan sudah pindah dijakarta bergabung dengan perusahaan dari KOSGORO.

untuk bekerja keluar negeri wajib memiliki tujuan yang jelas karena setiap negara memiliki regulasi proses berbeda beda. dan untuk pengiriman dokumen bisa melalui email karena agency negara penempatan juga menerapkan hal yang sama, original dokumen hanya dibutuhkan saat pengurusan dokumen ke Kedutaan negara penempatan di indonesia

Unknown mengatakan...

Biayanya berapa kalau ke NZ

Unknown mengatakan...

Untuk RSE di tahun ini dimulai kapan.

Trims

Wayan Management mengatakan...

Biaya proses program RSE bervariatif dan tentunya menhikuti cost structure masing masing agency.kami juga saat ini belum memiliki pembiayaan yang pasti krn program tersebut masih belum bisa ditindaklanjuti untuk pekerja dari indonesia, saat ini pemerintah new zealand masih tetap memprioritaskan pekerja dari negara pasifik untuk memenuhi kebutuhan pekerja musimannya.

program RSE juga belum akan dimulai tahun ini,yang sudah bisa berproses adalah untuk program skill worker ataupun program diluar RSE.

Unknown mengatakan...

Ada yang nawari ke new Zealand kerja di perkebunan sistem kerja 6bukan kontrak byar 25 juta trus minta biyaya di muka 50% ddan biyaya untuk pembuatan pasport dan medical 5 juta applay visa cuma 2 bulan ini logikanya bener Ndak ya

Unknown mengatakan...

Saya di tawari kerja newzeland pasport musiman admin 25juta trus minta dp 50%dulu itu gimana

Anonim mengatakan...

Utk usia 52th apakah bisa utk bekerja diperkebunan NZ?

Unknown mengatakan...

Apa ada lowongan kerja ke nzl

Wayan Management mengatakan...

saat ini memang employer RSE NZ memnbutuhkan pekerja hanya pemerintah new zealand lebih memprioritaskan pekerja dari negara pasifik, dan bila adapun permintaan dari company yg tergabung dalam RSE EMPLOYER, mereka harus memberikan AGREEMENT TO RECRUIT kepada perusahaan di indonesia dan itu sangat sedikit quotanya.
untuk biaya selalu kami sampaikan bahwa itu relatif tergantung dari kebijakan perusahaan/agency dindonesia dalam menentukan cost structure, biaya yang pasti dibutuhkan adalah untuk MCU,APLIKASI VISA dan oneway ticket selebihnya adalah jasa.
untuk usia secara logika pekerja kebun yg notabene mengandalkan fisik dalam pekerjaannya, tentunya akan lebih membutuhkan usia yang masih produktif,
saat ini dan tulisan ini diposting masih belum ada proses untuk program pekerja musiman RSE new zealand,.

Unknown mengatakan...

Saya sekarang sedang proses ke new zeland lewat pt dibogor. Minggu depan saya mulai pendidikan bahasa ingris yang ditunjuk oleh pt tersebut ... bagaimana caranya kita mengecek bahawa pt tersebut benar bisa brangkatin saya ke sana ya?

Wayan Management mengatakan...

agency diindonesia saat ini sudah bisa memberangkatkan pekerja dengan kategori skill worker ke negara new zealand, namun belum untuk kategori lowskill.
apabila maksudnya belajar bahasa untuk keperluan proses kerja lowskill seperti program perkebunan (RSE), sebenarnya itu tidak syaratkan, dan apabila maksudnya untuk proses visa skill worker bila baru pada tahap belajar bahasa sepertinya akan butuh waktu yg tidak sebentar prosesnya,
untuk bisa mengetahui benar tidaknya agency dalam memproses dan memberangkatkan pekerja ke nz kita bisa cek melalui bentuk kerjasama dan demand letter dari perusahaan di nz kepada agency tersebut, atau ATR (Agreement To Recruit) untuk pekerja musiman karena itu dasar dari legalitas perekrutan, untuk saat ini memang belum ada bentuk kerjasama antara pemerintah antara indonesia dan new zealand dalam pengiriman pekerja indonesia ke negara tersebut .

Anonim mengatakan...

ada informasi terbaru untuk pekerja musiman 2023.makasih

Wayan Management mengatakan...

kami masih menunggu regulasi untuk program seasonal worker RSE NEW ZEALAND, dan hingga saat ini masih belum ada update lanjutan dan pemerintah NZ masih memprioritaskan pekerja dari negara2 pasific, bila sudah bisa ditindaklanjuti kami akan sampaikan informasinya.

Unknown mengatakan...

Saya dapat info dari Jakarta bahwa tahun ini penerimaan tenaga pemetik buah ke new Zealand

Unknown mengatakan...

Apakah benar tahun ini ada pemberangkatan tenaga kerja ke new Zealand yg di selenggarakan Kedubes Indonesia dengan Selandia baru

Unknown mengatakan...

Apakah benar tahun ini ada pemberangkatan tenaga kerja ke new Zealand yg di selenggarakan Kedubes Indonesia dengan Selandia baru

wayanmanagement.net mengatakan...

harap lebih detail dan jelas apabila mendapatkan informasi sehubungan penerimaan dan keberangkatan tenaga kerja program RSE ke new zealand dari indonesia, karena hingga saat ini secara resmi belum bisa, dan program RSE tidak berhubungan dengan kedubes tapi dengan employer yang tergabung dalam RSE employer dengan pelaku usaha dinegara asal pekerja.saat ini pemerintah new zealand masih memberikan peluang untuk pekerja dari negara2 pasific, dan apabila ada juga agen diindonesia harus memiliki Agreement to Recruit dan employment contyract sebagai dasar proses dari dokumen ke kedutaan new zealand.

Unknown mengatakan...

Apa masih ada job atau lowongan untuk ke New Zealand saya dari bali, paspor sudah ada cuman tidak tau harus ke agensi mana..

Unknown mengatakan...

Apakah masih ada peluang kerja di perkebunan new Zealand..untuk umur 35 thn

Unknown mengatakan...

Maaf apakah ada job ke new Zealand tahun 2023

Unknown mengatakan...

Apakah ada job ke new Zealand tahun 2023

Unknown mengatakan...

Apakah ada job ke new Zealand tahun 2023

Wayan Management mengatakan...

untuk peluabg kerja di new zealand, terutama program pekerja musiman RSE, hingga saat ini masih belum ada untuk pekerja dari indonesia, karena pemerintah new zealand saat ini lebih mengutamakan pekerja dari negara pasifik untuk memenuhi kebutuhan disektor tersebut,adapun biasanya itu adalah untuk pekerja yang sebelumnya sudah pernah bekerja di perusahaan yang tergabung dalam RSE EMPLOYER yang lebih dikenal dengan repeater.
untuk mendapatkan peluang kerja RSE, kita wajib memiliki Agreement To RECRUIT yang mana hal tersebut menjadi syarat wajib dari Employer untuk syarat aplikasi visa kekedutaan, selain juga employment contract tentunya. hingga saat ini program ini masih dijalankan secara Private ataupun company to company atau permintaan langsung dari RSE Emp;oyer di new zealand kepada perusahaan atau agency di indonesia, semoga kedepannya pemerintah indonesia bisa menjalin kerjasama dengan employer RSE dengan bangtuan birokrasi pemerintahan agar lebih mudah dalam membantu keinginan pekerja dari indonesia untuk bekerja ke new zealand, baik untuk perkebunan ataupun peluang lainnya.

Anonim mengatakan...

ok bang..di tunggu update nya bang di blog nya. makasih

Unknown mengatakan...

Cara daftar bekerjanya kemana ya,alamat/email yang dituju.apa ada info referensi agensinya yang Bagus,jika boleh info ya alamat emailnya

Unknown mengatakan...

Cara daftar bekerjanya kemana ya,alamat/email yang dituju.apa ada info referensi agensinya yang Bagus,jika boleh info ya alamat emailnya

W7 mengatakan...

Ditunggu info terkini nya Bang...
Terimakasih byk ats info nya..

Unknown mengatakan...

Maaf bang nanya..agen yg bisa di percaya dan amanah yg biasa memberangkatkan tenaga pemetik buah di Nz...terimakasih

Rifky mengatakan...

Apakah thn ini ada prigram rse? Terimakasih

Wayan Management mengatakan...

saat ini untuk mendapatkan peluang bekerja sebagai tenaga musiman di NEW ZEALAND (RSE) bagi pekerja indonesia sangatlah kecil karena sejak membuka diri lagi bagi pekerja asing,pemerintah nz lebih mengutamakan pekerja dari negara pasific,kalaupun ada biasanya untuk pekerja REPEATER yang sebelumnya pernah bekerja diperusahaan yang sama dan tergabung dalam perusahaan yang telah teegister perusahaan RSE

https://www.immigration.govt.nz/new-zealand-visas/visas/visa/recognised-seasonal-employer-limited-visa#https://www.immigration.govt.nz/new-zealand-visas/preparing-a-visa-application/working-in-nz/getting-a-job/recognised-seasonal-employers-list/slider

kapasitas kami disini adalah memberikan informasi tentang peluang kerja luar negeri dan tidak memberikan rekomendasi suatu agency manapun untuk menjadi rekomendasi demi menjaga independensi.terimakasih