9/23/2019

Mekanisme dan prosedur bekerja ke Canada


         

  
Bagi sebagian masyarakat indonesia, bekerja di luar negeri masih menjadi impian yang sulit untuk direalisasikan, selain persyaratan yang komplek juga kadang-kadang fungsi informasi yang salahgunakan / pemanfaatan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Tetapi pandangan akan sulitnya mencari pekerjaan di dalam negeri dan kesejahteraan yang diharapkan Masih akan lebih baik jika bekerja di negeri orang yang masih menjadi dasar yang kuat untuk mewujudkan niat mereka. Bagi mereka yang ingin bekerja di luar negeri, berikut kami akan memberikan sedikit informasi agar kita bisa lebih selektif dan mendapatkan gambaran tentang pekerjaan keluar negeri, dalam hal ini adalah Kanada, 

Kebebasan untuk mendatangkan pekerja asing diserahkan masing-masing pelaku Usaha di Kanada, jadi bukan oleh pemerintah. Pemerintah Kanada hanya membantu menyediakan izin dan meng-update database pekerjaan. Dengan dukungan infrastruktur teknologi informasi yang membantu setiap calon pekerja asing untuk menerapkan secara online dengan sangat mudah. Terdapat 3 kriteria penggolongan pekerjaan yang tersedia secara online, yaitu terampil, semi skill hingga lowskill, dengan rata-rata upah / gaji yang ditawarkan antara CAD18 -30 per jamnya.

kami disini mencoba menyampaikan informasi kepada mereka yang membutuhkan bantuan dalam proses dokumen, terutama untuk aplicant yang memiliki pengalaman, dengan skema mandiri dalam proses dokumen kerja ke canada, peran agency di canada memang sangat dibutuhkan, dimana setiap employer atau User/Company dicanada membutuhkan dan menggunakan jasa/bantuan agency (agen/pengacara imigrasi).dalam pengurusan dokumen calon pekerjanya

untuk lebih detail membahas program yang kami maksudkan, Berikut adalah alur dan persyaratan untuk Proses Kerja ke Kanada sebagai Temporary Foreign Worker  yang perlu diketahui.

Dokumen yang diperlukan dalam proses bekerja ke canada :
1. Paspor yang masih berlaku dan ID Card/E-KTP
2. CV / Resume / Biodata (mohon didetailan tentang pengalaman kerjanya)

3. IELTS (hanya untuk kategori skilled worker dan profesional )
4. Sertifikat pendidikan (high school and/or bachelor graduate)
5. Work Expereience Certificates ( bagi pelamar skilled worker )
6. MCU / test kesehatan melalui referensi kedutaan canada.
7. PCC / SKCK dari POLDA
8. Photo backround putih ( pengambilan max diwajah 80%)
9. Sertifikat Vaksin tiga dosis atau sudah melakukan booster
10. dokumen pendukung lainnya yang dibutuhkan saat pengajuan visa dan original ( ktp, kk, akte lahir,ijasah,sertifikat pengalaman kerja dll)

Untuk memulai proses, pelamar akan diminta menyerahkan dokumen No.1,2,4.  yang disebutkan diatas, bagi dokumen yang telah memenuhi syarat, maka langkah selanjutnya diseleksi lebih lanjut oleh user/majikan tahapan ini biasa disebut tahap eligibility, sekali lagi bahwa agency kanada akan selalu memprioritaskan tawaran pekerjaan yang sesuai dengan  kualifikasi pelamar. Bila dokumen dinyatakan lolos tahap eligibility dan mendapatkan User selanjutnya melangkah pada penandatanganan surat perjanjian proses dokumen dengan agency canada, hal ini sebagai bentuk pengikat hak dan kewajiban masing masing,(dalam proses dokumen aplicant, kami menyarankan untuk menggunakan jasa agen imigrasi yang sudah memiliki register di CICC.)
.
langkah Pertama dalam proses adalah upload profile untuk persiapan mendapatkan tawaran kerja sesuai mekanisme pasar kerja canada atau biasa kita sebut LMIA/LMO, tahapan ini membutuhkan durasi proses 2-4 mingguan ( kecuali open LMIA maka kita akan menuju pada tahap berikutnya) dan apabila sudah mendapatkan LMIA langkah yang akan dilakukan selanjutnya adalah ditindaklanjuti pada proses aplikasi work permit/ijin kerja, dalam tahapan ini dokumen akan diaplikasikan sesuai reference number yang sudah diperoleh yang kemudian dilakukan submit ke IRCC. untuk tahapan proses ijin kerja/ work permit di IRCC akan membutuhkan waktu sekitar 20-60 hari kerja,.
Setelah aplikasi Work Permit selesai di IRCC, tahap selanjutnya adalah menuju pada provincial clearance (proof of accomodation) dimana pihak otoritas wilayah tempat kita akan menetap sebagai Pekerja akan mewajibkan kita untuk menentukan dimana kita akan tinggal setidaknya untuk 3-6 bulan pertama, 
setelah semua pengurusan dokumen dan syarat dari pemerintah canada untuk setiap pekerja asing terpenuhi maka tahap selanjutnya adalah pengiriman dokumen hasil proses yaitu BIL (biometric instruction letter) dan Paperwork ke indonesia, maka selanjutnya akan menuju pada tahapan aplikasi Visa ke VAC melalui pihak ketiga yaitu VFS (jakarta dan bali), dan disini pelamar sudah mulai diperlukan kehadirannya untuk Biometric dan MCU, tahapan ini Butuh waktu 3 minggu sampai 1 bulan dalam kondisi proses yang normal.

setelah tahapan aplikasi visa terselesaikan,maka kita akan kirimkan scan visa kepada pihak agency di canada untuk selanjutnya mendapatkan flight schedule/jadwal penerbangan..
dalam proses kerja Temporary Foreign Worker ini diwajibkan kepada setiap aplicant untuk memenuhi syarat standar yang dibutuhkan seperti: kemampuan dalam berbahasa inggris, kelengkapan dokumen yang disyaratkan dan tentunya juga kesiapan mental karena perbedaan kultur, iklim/cuaca. yang paling penting juga adalah kesiapan biaya yang dibutuhkan, perlu diketahui bahwa negara kanada tidak memberlakukan sistem potong gaji. semua biaya proses yang timbul akan menjadi beban pelamar.
 
Syarat dan fasilitas yang didapatkan ;
- usia 20-50 tahun sesuai kategori lowskill dan skill worker
- Pria dan wanita
- kontrak 2-4 tahun (extendable)
- Salary adalah CAD18-30/hour (sebelum pajak penghasilan)
- kerja 8 jam sehari dan 5 hari seminggu + lembur untuk general worker.
- asuransi disediakan
- tempat tinggal difasilitasi/sharing dan beban biaya yang timbul ditanggung oleh pekerja
- mendapatkan cuti tahunan
- waktu proses Standar/Normal untuk program ini adalah 8 bulan dihitung dari dokumen dinyatakan Eligible  (bukan saat pengajuan lamaran)

untuk posisi yang dibutuhkan akan di update secara berkala sesuai permintaan dari Agency,



CATATAN :

program yang informasikan ini adalah untuk proses TEMPORARY FOREIGN WORKER, tidak termasuk program Aplikasi Permanen Residence, namun demikian agen imigrasi di canada juga bisa membantu pengurusan Permanen Residence bagi yang berminat. dengan syarat dan ketentuan berlaku.

proses dokumen kerja ke canada tidaklah mudah/gampang karena akan melewati tahapan yang sudah distandarkan oleh pemerintah canada, pelajari dan pahami terlebih dahulu mekanisme dan prosedur prosesnya, dibutuhkan kemampuan diri, waktu yang tidak sebentar, biaya yang tidak sedikit dan tidak ada sistem  potong gaji.



INFO LEBIH LANJUT DAN KONSULTASI BISA HUBUNGI KAMI :

Telepon  : +62-81280729897 + 62-8123067230
E-mail    : canada@wayanmanagement.com








16 komentar:

Irvan mengatakan...

Jika usia 55 thn ada peluang ngga utk kerja non skilled.

wings_zero mengatakan...

Perrmpuan, usia 38th teady pasport apakah bisa?

wings_zero mengatakan...

Apakah untuk wanita usia 38th bisa?

Unknown mengatakan...

Saya pengalam letja di kapal new zealand,sm di kebon..kira" bisa masuk bekerja di canada ga ya.umur saya skrng 42 thn..baru 6 bulan plng dari new zealand
Saya jadi cook di kapal/koki..di kebon jiga pernah

Wayan Management mengatakan...

@irvan

maaf pak, itu usia yang sudah agak kurang memiliki peluang dengan tanpa pengalaman/non skill.
kami juga kesulitan dlm memberikan masukan.
terimakasih

Wayan Management mengatakan...

@wings_zero
bekerja keluar negeri yang terpenting adalah kelengkapan dokumen, pengalaman,kemampuan bahasa negara penempatan dan usia yng disyaratkan ( untuk pekerja skill tidak selalu berpatokan pada usia tapi pengalaman dan keahlian) untuk pekerja kategori unskill biasanya di usia 20-45
terimakasih

Adimakmur Jayamandiri mengatakan...

Maaf saya usia 51 tahun. Keterampilan welder. Karena saya sekarang punya workshop/bengkel las, biasa ngerjain pagar. Kanopi kadang kadang2 WF juga.
Apakah ada kesempatan ?

Adimakmur Jayamandiri mengatakan...

Maaf saya usia 51 tahun. Keterampilan welder. Karena saya sekarang punya workshop/bengkel las, biasa ngerjain pagar. Kanopi kadang kadang2 WF juga.
Apakah ada kesempatan ?

Nita mengatakan...

Saya msih terikat kontrak 2 tahun di hong kong, sebaiknya saya mulai proses brp lama sebelum kontrak saya expired?
Dan apa bisa di urus online sebelumnya karna saya tidak di indonesia

Wayan Management mengatakan...

@adimakmur jayamandiri

untuk mendapatkan peluang kerja ke canada lebih ditentukan dengan posisi yang dibutuhan, karena alasan tersebut kami biasanya meminta pelamar untuk mengirimkan dokumen sesuai yang telah ditentukan, agar kami bisa mengetahui bisa dibantu atau tidaknya dokumen pelamar,usia 51 sebenarnya masih bisa tapi peluangnya sangat kecil bila tidak ditunjang dengan pengalaman atau keahlian, untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi nomer layanan informasi kami.
terimakasih

Wayan Management mengatakan...

@ Nita

proses foreign worker canada bisa dilakukan dari mana saja karena yang diproses masih tahap dokumen dan tidak membutuhkan kehadiran pelamar, kami akan meminta kehadiran pelamar apabila proses sudah pada tahap diindonesia yaitu ketika biometric, mcu dan aplikasi visa.
terimakasih.

Unknown mengatakan...

saya usia 31 tahun, lulusan spd matematika, jika sata ingin bekerja di kanada kira² bisakah?

Unknown mengatakan...

apakah bahasa perancis juga diperlukan dalam test?

Wayan Management mengatakan...

untuk wilaYAh provinci tertentu kemampuan dalam berbahasa perancis juga dibutuhkan dan akan menjadi referensi, namun semikian secara keseluruhan tetap didasari dengan kemampuan dalam berbahasa inggris dan dipertegas dengan sertifikat IELTS.

Unknown mengatakan...

Izin bertanya
1.posisi saya msh di Jepang 4 tahun ini .
Saya dari dulu berminat kerja dan tingg di Kanada.
Untuk proses pengurusan apakah pelamar harus stay di Indonesia buat ikut job ke Canada . Terima kasih

Wayan Management mengatakan...

dalam pengurusan dokumen dikanada,aplicant tidak diwajibkan untuk stay dan standby karena proses masih dalam tahapan dokumen, aplicant baru dibutuhkan kehadirannya disaat proses sudah pada tahap di indonesia yaitu untuk biometric, mcu dan visa stamp. dan jarak dari dokumen dimulai prosesnya hingga pada tahapan proses diindonesia membutuhkan waktu 5-6 bulan.
demikian dan terimakasih