Kamis, 19 Juli 2018

SERBA SERBI BEKERJA KELUAR NEGERI


Ketahui Hal-Hal Berikut Jika Ingin Bekerja ke Luar Negeri




Salah satu cara praktis yang sampai saat ini sering dijadikan alternatif bagi sebagian orang indonesia adalah Bekerja di luar negeri, dengan alasan utama untuk mengubah nasib. Dan cara tersebut melekat erat dengan sosok calon tenaga kerja Indonesia, yang mana juga sampai dengan saat ini Harus diakui bahwa Indonesia menjadi salah satu negara dengan pemasok aktif di bidang ketenagakerjaan asing untuk berbagai negara.
Dengan Iming-iming penghasilan yang tinggi membuat sebagian dari kita tergiur untuk bekerja di luar negeri. Tapi dibalik iming2 menggiurkan itu, kita juga perlu waspada dan alangkah baiknya mencari tahu apa saja yang mesti dipersiapkan agar tidak mengalami kendala ataupun masalah saat kita mencoba meraih mimpi tersebut.
Kami sebagai salah satu agency yang juga bergerak dalam bidang jasa pengurusan dokumen dan penempatan calon pekerja diluar negeri, mencoba memberikan tip sebagai wawasan dan pencerahan bagi siapapun yang memiliki keinginan untuk bekerja keluar negeri sesuai yang kami alami selama ini..

Apa saja kira2 yang perlu diketahui dan dipersiapkan apabila kita sudah memutuskan untuk menjadi tenaga kerja keluar negeri :

1.Kesiapan Mental, Niat dan Skill yang memadai
Untuk bisa sukses bekerja diluar negeri kita Harus memiliki mental yang mumpuni. Indonesia berbeda dengan negara-negara di luar. Mulai dari budaya dan kebiasaan sehari-hari, alangkah baiknya kita mempersiapkan hal ini dengan cara banyak membaca atau mengakses informasi seputar negara tujuan.selanjutnya adalah niat dan motivasi yang besar,tapi Modal niat saja tidaklah cukup. Dalam dunia kerja, walaupun niat sudah ada, tapi skill/pengalamannya kurang memadai, kecil kemungkinan untuk diterima di perusahaan luar negeri. Jadi Selain anda harus sudah memiliki mental dan niat yang cukup kuat maka pengalaman sesuai kebutuhan dinegara yang menjadi tujuan juga harus anda miliki, dan jangan lupa memanfaatkan beberapa lembaga kursus untuk memperdalam skill terutama bahasa kita sesuai negara tujuan. Dan bila perlu berbagi pengalaman dengan orang yang sudah berpengalaman bekerja di luar negeri karena akan memiliki nilai tambah buat kita sebelum kita terjun langsung dalam proses kerja keluar negeri,

2. Lengkapi dokumen anda sesuai syarat yang diperlukan

Beberapa negara di luar negeri sangat ketat mengawasi identitas setiap pekerjanya. Terlalu berisiko kalau kita berangkat tanpa Visa yang sesuai demgam kebutuhan dan peruntukannya. Jika berangkat secara ilegal ( biasanya banyak di antara kita memanfaatkan visa kunjungan untuk memangkas ribetnya birokrasi proses dokumen dengan berbagai alasan tentunya), tapi kita harus lebih jauh kedepan dalam berfikir bahwa bagaimanapun kita tidak akan tenang bekerja dengan visa yang bukan peruntukannya, selain jaminan kepastian kerja tidak kita dapatkan juga bila terjadi sesuatu maka diri kita sendirilah yang akan menanggung konsekwensinya, belum lagi apabila kita menghadapi keadaan seperti razia oleh imigrasi negara tujuan, jadi dipikirkan kembali, karena bukannya kesuksesan yang didapat, melainkan terperangkap dalam situasi yang tidak menguntungkan dinegara tujuan dan juga konsekwensi hukuman yang akan didapat sehubungan dengan aturan keimigrasian dimasing masing negara tujuan, be a good determinant ..


3. Siapkan Biaya Awal yang Cukup

Yang tidak kalah pentingnya bila kita akan bekerja keluar negeri yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah biaya. Sebab bekerja keluar negeri terutama australia, canada, new zealand, korea selatan, sebagian negara Eropa pasti membutuhkan biaya dalam prosesnya, karena sebagian besar negara tersebut tidak memberlakukan sistem potong gaji, jadi biaya dokumen/kontrak kerja,urusan imigrasi,visa MCU dll akan menjadi beban biaya calon pekerja, kalaupun ada sistem potong gaji itu adalah sistem yg dilakukan oleh pengurus dokumen kita di indonesia, dan tentunya kita harus detail mengetahuinya dengan sistem tersebut,agar kita tidak dirugikan dikemudian hari, ada juga pengecualian bila kita adalah wanita dan mau bekerja sebagai Housemaid/ asisten rumah tangga maka biaya akan dicover majikan dengan konsekwensi gaji akan dipotong setalah bekerja, ini biasanya untuk negara singapura, malaysia, hongkong, taiwan, atau juga untuk pekerja pria dinegara malaysia dan brunei biasanya untuk pekerja kebun sawit konstruksi atau kategori general worker lainnya.

4. Banyak2lah mencari informasi


Untuk bekerja keluar negeri kita bisa dapatkan informasi dari beberapa cara, diantaranya :

A.Dapatkan Info dari Dinas Tenaga Kerja Setempat didaerah domisili Anda.
Biasanya Berbagai macam brosur atau selebaran yang berisi peluang kerja luar negeri dibagikan cuma-cuma dari dinas tenaga kerja daerah. Kalau tidak ada,kita bisa mengakses melalui ilnk mereka yang bisa kita kunjungi adalah website BP2MI (dulu lebih keren dengan BNP2TKI) ,biasanya program yang tercakup melalui program pemerintah G To G bisa kita dapatkan infonya disana, dan kita bisa benar-benar selektif dalam memilih pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan kita.

B.Dapatkan informasi secara online
Dengan memanfaatkan zaman digital, cobalah menggunakan jejaring sosial. Biasanya melalui cara ini juga akan ada informasi peluang kerja ke luar negeri dan biasanya di-update secara berkala. dan tentunya kita juga harus Detail,teliti dan banyak mencari referensi tentang informasi yang didapat melalui internet / jejaring sosial tersebut, mengingat banyak juga oknum2 yang memanfaatkan cara ini untuk mencari keuntungan pribadi, akan banyak trik ditemukan, atau persaingan kompetitor yang tidak sehat denagn salaing menjatuhkan, singkatnya selalu waspada dan bijak saja dalam menggali informasi yang didapat melalui jejaring sosial, manfaatkan dunia internet dengan selalu menggali sumber2 informasi yang jelas dan akurat,.. be smart

C.Temukan di Website Perusahaan
Perusahaan yang dinamis pasti memiliki website yang aktif. Terlebih perusahaan-perusahaan global. Selain bisa mendapatkan profil perusahaan, kita bisa mengakses info lowongan kerja dari website tersebut. Biasanya dengan alur ini kita bisa dapatkan informasi tentang program C To C dan TKI MANDIRI.

5. Kesabaran dan tekun untuk mencapai tujuan


Kunci dari semua hal di atas adalah kesabaran dan ketekunan. kita tidak akan mendapat pekerjaan yang sesuai jika tidak sabar,tekun dan bekerja keras.karena Faktanya bukan hanya kita saja yang membutuhkan peluang bekerja di luar negeri.
Jadi, bersabarlah, tekun selalu dan bekerja keras untuk mencapai suatu harapan. Sementara menunggu peluang, maksimalkan kemampuan berbahasa dan skill kita. Semakin matang, secara tidak langsung akan meningkatkan nilai kita dalam menghadapi persaingan.
       

demikian sedikit informasi tentang bagaimana dan apa saja yang perlu dilakukan bila berkeinginan menjadi tenaga kerja keluar negeri , semoga memberi wawasan dan manfaat.





>>>> VIDEO REFERENSI <<<<